25/03/11

Cara Membuat Rangkaian Pancing



Cara membuat rangkaian pancing :

Sediakan kenur leader (pengikat kail) sekitar 50 cm dan kili-kili, masukkan ujung kenur dua kali (2x), sisi yang berujung pendek +/- 15 cm. (gambar "a").
Dengan sisi yang panjang, lilitkan sebanyak 10x (b) masukkan ujungnya ke celah tekukan kenur. Tahan sisi pendek tarik sisi panjang sampai mengetat (c).
Simpulkan kedua ujungnya secara renggang +/- 20 lilitan simpul (d). Buat celah di tengah lilitan simpul tadi, lalu masukkan mulai dari kili-kilinya hingga rapat di batas ikatan pertama yang mengetat (e).
Tarik perlahan-lahan kedua ujungnya, bantu meratakan dengan jari sampai ketat (f). Sampai di sini berarti telah dapat dihasilkan rangkai pancing 2 cabang.
Untuk membuat 3 cabang dst. Ambil bagian kenur yang panjang, tekuk kenur simpulkan 3~5x (g), atur jarak ikatan ini dengan kili-kili ini lebih pendek dari sisi yang satunya. Ketatkan simpul tersebut, potong rata hingga seperti gambar (h).
Ulangi menyimpul renggang 20 lilitan seperti pada (d) tadi dan masukkan ke celah lilitan mulai dari kili-kili hingga batas ikatan mengetat yang kedua (i).
Tarik kedua ujung perlahan-lahan, ratakan hasil ikatan yang mengetat bila perlu bantu dengan jari. Hingga akhirnya terbuatlah rangkaian 3 cabang (j).
Untuk membuat 4, 5 cabang dst., gunakan kenur leader lebih panjang lagi dan pada saat membuat simpul seperti gambar (g) potonglah kenur hingga menghasilkan sisi pendek kira-kira 15 cm dan sisanya menjadi sisi yang panjang untuk membuat cabang selanjutnya.


Model Simpul Menyambung Senar

Menyambung dua senar dengan simpul dilakukan apabila pada waktu memancing senar putus sehingga tidak mungkin akan mengganti senar. Kemungkinan juga bila senar yang ada pada spool hampir habis (biasanya memancing di laut) ketika umpan dibawa ikan. Untuk mengatasi hal ini maka dibuat simpul yang khusus untuk menyambung senar.

Contoh model menyambung senar ke senar :

A. Double Centauri Knot :
1. Senar ke-1 buat lingkaran, kemudian senar ke-2 masukkan ke dalam lingkaran tersebut
2. Senar ke-1 digulung sebanyak tiga kali, kemudian masukkan ujung senar ke dalam lingkaransimpul
3. Untuk senar ke-2 lakukan langkah yang sama seperti no. 2 diatas
4. Tarik ujung masing-masing senar, tetapi jangan terlalu kencang
5. Dapatkan kedua simpul kemudian kencangkan masing-masing simpulnya.

B. Double Four Fold Blood Knot :

1. Silangkan senar ke-1 & ke-2
2. Lilitkan masing-masing senar sebanyak 8/9 kalisimpul2
3. Lalu masing-masing ujungnya dimasukkan ke sela/lubang
4. Tarik perlahan-lahan sampai senar menjadi rapat
5. Tarik Senar dengan kuat kemudian rapikan

*dikutip dari berbagai sumber

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice information https://goo.gl/KxQHnC

Posting Komentar

 
Design by Galaxy | Website by Khairul - Premium Web Themes | Rahman